NHW6 #Belajar Menjadi Manajer Keluarga yang Handal

Materi pekan keenam ini sangat menohok saya, pasalnya setelah mengalami post power syndrom istilahnya setelah selama ini saya disibukkan dengan pekerjaan namun sekarang saya benar-benar menjadi ibu rumah tangga yang sehari-hari saya habiskan waktu di rumah. Saya merasakan sekali jika waktu waktu saya habiskan kadang dengan percuma bahkan cenderung kurang produktif berbeda sekali dengan waktu bekerja maupun kuliah dulu yang penuh dengan jadwal kegiatan. Maka dari itu pentingnya membuat to do list kegiatan setiap hari, ini sangat cocok buat saya karena membuat kegiatan dalam sehari-hari menjadi lebih bermanfaat. Bismillah semoga apa yang saya ikhtiarkan ini akan berbuah manis walaupun pada kenyataannya dibutuhkan semangat konsisten yang tinggi untuk melaksanakan program ini.
                Masih hangat dalam ingatan ketika Teh Lulhfia memberikan video mengenai jar of life. Bagi saya video tersebut sangat menohok sekali. Kenapa kita sama-sama diberikan waktu 24 jam tapi hasil yang kita capai berbeda-beda setiap orang. Kuncinya adalah waktu, apakah waktu yang kita gunakan sehari-hari untuk hal-hal yang penting (keluarga, menuntut ilmu) ataukah malah sebagaian besar waktu kita seharian habis untuk hal-hal yang sangat tidak penting (main game, gadget, nonton TV).  Nanti untuk lebih jelasnya bisa melihat di youtube ya gaes. Kata Hasan Al Banna kewajiban kita lebih banyak daripada waktu yang tersedia maka dari itu kita perlu menyusun prioritas yang akan kita kerjakan, jika tidak waktu kita tidaklah cukup melakukan itu semua.
#Nice homework 6
Tiga Aktivitas yang menurut saya paling  penting
      1.       Membersihkan rumah
      2.       Memasak makanan yang bergizi
      3.       Belajar-Mengajar
Tiga aktivitas yang paling tidak penting
     1.       Instagram
     2.       Facebook
     3.       Chat WA
*ketiga aktivitas tidak penting ini saya habiskan di depan gadget. maka dari itu perlunya saya melakukan gadget time. Memang benar jika kita tidak disibukkan dengan kebaikan pastilah kita akan disibukkan dalam keburukan. Na’udzubillah. Sekarang kita tinggal memilih saja mau disibukkan dalam kebaikan atau keburukan?

Jadwal harian  saya
Saya menempatkan untuk kegiatan rutin termasuk kegiatan domestik pada jam sehabis subuh hingga pukul 07.00
06.00-08.00         : Melakukan pekerjaan domestik (termasuk memasak, membersihkan rumah dan mandi)
08.00-11.00       : Waktu dimanis (membaca buku parenting, manajemen waktu, sholat dhuha, tilawah Qur’an)
11.00-12.00         : tidur siang
12.00-13.00         : Sholat dhuhur dan makan siang
13.00-15.30         : mengajar TPA
15.30-16.00         : Sholat Ashar dan mandi sore
16.00-17.30         : memasak sore
18.00-18.30         : sholat maghrib
18.30-19.00         : makan malam bersama
19.00-19.30         : sholat isya’ dan tilawah bersama
19.30-21.00         : me time (membaca buku, menulis )
Jadwal yang saya buat ini akan saya akan terapkan selama seminggu dan jika berhasil dengan baik bisa dilanjutkan selama tiga bulan.
Semoga hari-hari semakin produktif lagi, semangat perbaikan.

                

0 komentar:

Posting Komentar

MentariPagi. Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Cari Blog Ini

Blogger templates

Photobucket

Advertisement

Pages - Menu