NHW4 #My Self Curriculum


Alhamdulillah sudah memasuki pekan keempat Matrikulasi Institut Ibu Profesional. Jujur,  banyak sekali ilmu yang saya peroleh baik dari materi dan diskusi dari peserta matrikulasi walaupun saya kebanyak hanya menjadi silent reader. Semakin lama tugas nicehomework semakin membutuhkan perenungan yang dalam, bukan apa-apa tetapi setiap nicehomework berkaitan langsung dengan kehidupan kita termasuk tugas keempat ini yang berkaitan dengan pembuatan self curriculum.
Masih mengenai passion, dalam bahasa indonesia berarti gairah dalam kamus besar bahasa Indonesia gairah adalah keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat. Passion ini sesuatu yang membuat mata kita berbinar-binar jika kita mengerjakannya, sampai lupa waktu. Bicara mengenai passion ini sebenarnya sejak akhir kuliah saya sudah bertanya-tanya apakah sebenarnya passion saya? Apalah daya sampai saat ini saya masih berusaha membaca kehendak Allah terhadap diri saya.
Setelah melakukan perenungan yang cukup lama, dengan melihat potensi diri saya kemudian saya diskusikan dengan Pak Suami. Ternyata pada Nicehomework yang pertama saya ingin menekuni jurusan Ibu Profesional menurut saya masih kurang spesifik. Sehingga pada tugas kali ini saya akan lebih menspesifikkan lagi jurusan yang saya ambil yaitu Pendidikan Ibu dan Anak. Saya teringat ketika saya menjadi guru setelah lulus kuliah, sama sekali tidak nyambung dengan jurusan yang saya ambil ketika kuliah namun satu tujuan saya waktu itu adalah mencari pengalaman untuk mendidik anak dengan baik. Dan Alhamdulillah banyak mendapat ilmu ketika mengajar Sekolah dasar.

My Self Curriculum

    v  Jurusan                : Pendidikan Ibu dan Anak
    v  Misi Hidup           : Berbagi ilmu dengan orang lain
    v  Bidang                  : Ilmu pendidikan ibu dan anak
    v  Peran                    : Educator, Inspirator
Tahapan-tahapan yang harus saya tempuh adalah sebagai berikut
          1.       Bunda Cekatan                 : ilmu seputar manajemen diri dan rumah tangga.
          2.       Bunda Sayang                    : ilmu seputar pengasuhan anak.
          3.       Bunda Produktif               : ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dan lain-lain.
          4.       Bunda Sholeha                  : ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang.
Nb. Bunda cekatan dan bunda sayang saya tukar posisinya karena saya masih on the proses baby nya sehingga saya fokus pada bunda cekatan terlebih dahulu.

Milestone
Untuk menjadi expert dalam suatu bidang kita harus meluangkan 10.000 jam untuk mendalami ilmu tersebut. InsyaaAllah ke depannya saya akan meluangkan waktu saya 5 jam perhari untuk membaca, praktek dan menuliskannya sehingga dibutuhkan waktu selama 8 tahun 4 bulan.
KM 0 - KM 2  ( Nov 16 – Nov 18 )                : Bunda Cekatan & Bunda Sayang
KM 2 - KM 4  ( Nov 18 – Nov 20 )                : Bunda Sayang & Bunda Cekatan
KM 4 - KM 6  ( Nov 20 – Nov 22 )                : Bunda Produktif
KM 6 - KM 8  ( Nov 22  -  Nov 24 )               : Bunda Sholeha
                               
The Last JUST DO IT, lakukan saya jika belum paham, karena Allah lah yang akan memahamkan lewat laku kehidupan kita. (Tim Matrikulasi IIP)

Dipojok kamar dengan dtemani rintik rintik hujan, dan segelas susu full cream. Happy weekend J
Bandung, 13 November 2016
Nice Homework 4

Matrikulasi Institut Ibu Profesional

0 komentar:

Posting Komentar

MentariPagi. Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

Cari Blog Ini

Blogger templates

Photobucket

Advertisement

Pages - Menu